supaya pelanggan puas -->

supaya pelanggan puas

,
Untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga berbagai cara orang untuk menciptakan sumber uang berbagai cara di jalankan tentunya berbagai cara ini cara-cara yang halal , karena dengan cara halal pasti Tuhan akan memberikan jalan untuk keberhasilan usaha anda
dalam bidang usaha tentu akan membutuhkan konsumen agar usaha tersebut bisa berhasil , selain kerja kerja keras tekun ulet tentunya harus disertai prihatin selalu menjalankan ketentuan-ketentuan agama nya masing dan terus berdoa dengan khusuk agar usaha kita semua bisa membuahkan hasil

supaya konsumen puas tentunya harus pintar-pintar kita untuk melayaninya agar pelanggan tersebut merasa puas sehingga pelanggan akan kembali dan kembali lagi
kadang yang saya temui dan saya alami sendiri sebagi contoh kita makan di warung makan atau kita beli sesuatu ke toko ataupun warung akan tetapi tidak sedikit juga pelayan ataupun pemilik sendiri yang kurang bisa memuaskan hati saya bahkan cenderung ke kategori kapok ( tidak akan beli ketempat itu lagi )

jika contoh nyata di atas mengalami dalam usaha anda maka itu sebagi kerugian besar karena dengan tidak memberikan servis yang memuaskan kepada pelanggan maka sama artinya bunuh diri ( menutup pintu sumber rezeki sendiri )

Berbagai hal sepele yang sering tidak di anggap penting itu menurut saya 50% nya faktor yang bisa membuat pelanggan puas atau tidak puas
dalam artikel ini supaya pelanggan puas , saya akan memberikan contoh-contoh nyata yang sering saya lihat atau yang sering saya alami sendiri
  • yang perlu di ingat dan di pahami adalah rambut manusia boleh sama hitamnya akan tetapi selera / kebiasaan / karakter dan kebutuhan orang berbeda beda hal ini jika anda bisa memahami saya yakin anda akan bisa memberikan pelayanan yang super layak buat pelanggan anda 
  • contoh kecil nya orang kewarung makan artinya orang tersebut sudah lapar , kalau sudah lapar artinya pengen cepat makan , lalu anda sebagai pemilik warung makan ada orang dateng untuk makan tapi anda tidak segera melayani hanya karena anda tanggung nonton televisi atau anda tidak cepat-cepat melayani hanya karena ngurusin sesuatu yang itu tidak ada sangkut pautnya dengan niat anda jualan misalnya anda suruh nunggu orang yang sudah laper tersebut hanya karena anda menerima telepon yang telepon tersebut tidak begitu penting atau hanya karena smsan dan yang lainya .
  • poin kedua di atas pasti akan membuat pelanggan kecewa karena dia berpikir anda membuka warung makan / memang anda sebagi pemilik tapi pepatah yang sudah ngetren pembeli adalah raja itu ada bener nya karena pelanggan tersebut datang dan membeli artinya tidak minta tolong atau minta ( ini yang harus di pahami / penting bagi saya )
  • contoh lainya pembeli sudah minta ini itu tapi omongan pembeli tidak begitu anda dengarkan dan akirnya anda nanya ulang hal ini juga penting karena ada orang yang sabar dan kurang sabar / dan juga hal tersebut bisa karena situasi , artinya situasi pembeli ingin cepat-cepat tapi malah anda yang kurang cepat.
  • atau anda bukanya langsung mengambilkan barang yang sudah diminta tapi malah anda mengajak ngobrol pembeli tersebut , ada orang yang suka mengobrol ada juga orang yang kurang suka mengobrol atau orang melihat obrolan itu penting ga / menguntungkan ga buat yang anda ajak ngobrol tersebut ( ini poin penting juga untuk bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan )
Kesimpulanya :
1.kecepatan dalam memberikan layanan akan jelas membuat pelanggan puas
2.menghargai dengan sikap tidak meremehkan dan sejenis nya pasti akan membuat pelanggan datang dan datang lagi
3.membuat pelanggan bisa tersenyum ini akan membuat peluang pelanggan untuk datang kembali

dengan menggunakan tips di atas saya yakin pelanggan akan puas dan usaha anda akan membuahkan hasil


TerPopuler